Ngeblog memang salah satu cara mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia-sia. Dengan ngeblog, orang bisa berbagi pengetahuan, sharing atau sekedar mencurahkan isi hati dan bahkan tidak sedikit orang yang menggunakannya untuk berbisnis atau sekedar iseng ingin tahu caranya ngeblog. Namun saya percaya sesuatu yang kecil sekalipun apabila ditekuni akan mendatangkan kebaikan dan kepuasan tersendiri.

Bagi sebagian orang (termasuk saya) yang sekedar ingin tahu bagaimana caranya ngeblog mungkin repot juga kalau harus terhubung dulu ke internet ketika  ingin mengutak-atik blog kesayangan tetapi ada cara lain jika ingin mengoprek-oprek blog anda secara offline. Selain menghemat biaya internet, kita juga bisa dengan lebih mudah dan cepat dalam modifikasi tampilan. Saya temukan artikel di bawah ini yang mungkin bermanfaat bagi anda:

Bagi seorang blogger pemula yang sedang belajar membuat blog, tentu saja untuk mencapai hasil sesuai yang diinginkan akan menghabiskan biaya koneksi internet yang tidak sedikit. Bagaimana tidak, untuk mengutak-atik fungsi dan mensetting tampilan blog dibutuhkan koneksi internet. Bagi orang yang tidak punya panduan bikin blog dan hanya belajar secara otodidak akan kesulitan melakukannya. Lalu adakah cara agar bisa membuat blog secara offline?

Kabar gembiranya jawaban dari pertanyaan di atas tentu saja ada. Lalu bagaimanakah caranya agar bisa membuat blog secara offline? Ikutilah cara-caranya di bawah ini:

Pertama-tama siapkan dulu beberapa software pendukung berikut ini:

Xampp (http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html)
Appserv (http://www.appservnetwork.com/)
PHPTriad (http://download.cnet.com/PHPTriad/3000-10248_4-10048390.html)

Pilihlah salah satu dari software di atas. Selanjutnya anda juga harus memiliki script wordpress yang bisa anda download di sini. Ukuran filenya sebanyak 2,2 mb.
http://wordpress.org/latest.zip 2,2mb

Pada cara belajar membuat blog secara offline kali ini saya menggunakan software xampp untuk membuat database dan script wordpress.
Setelah semua file pendukung anda punya, hal berikutnya yang harus anda lakukan adalah:

  1. Install file xampp yang telah anda download pada komputer anda. Setelah instalasi selesai, klik finish dan akan muncul kotak dialog    yang menanyakan apakah anda ingin menginstal XAMPP servers? Pilih No.
  2. Berikutnya pilih Yes untuk melakukan setting awal control panel XAMPP.
  3. Klik start pada Apache dan MySQL, lakukanlah hal ini tiap kali anda akan menjalankan aplikasi wordpress, jika tidak maka blog wordpress yang anda buat tidak akan tampil pada browser secara offline.
  4. Jika anda menggunakan Operating System Windows XP maka setelah menekan START akan muncul Windows Security Alert. Pilih UNBLOCK agar bisa mengaktifkan aplikasi blog wordpress anda.
  5. Aktifkan browser anda. (Ingat, sebelumnya anda harus mengaktifkan XAMPP dan klik START pada Apache dan MySQL). Tuliskan pada browser anda: http://localhost/. Enter!
  6. Pilih english sebagai bahasa default. Setelah itu anda akan masuk control panel dari xampp. Pada menu yang ada di sebelah kiri, klik phpmyadmin yang ada di sub menu tools untuk membuat database blog anda.
  7. Tuliskan pada kotak create new database nama folder wordpress atau yang sudah anda ganti dengan nama lain tadi. Klik tulisan Create. Kini anda sudah mempunyai sebuah database yang masih kosong.
  8. Copy script wordpress ke dalam C://Program files – Xampp – htdocs. Anda bisa mengganti nama folder wordpress menjadi tips blog atau terserah anda.
  9. Selanjutnya tuliskan pada browser anda: http://localhost/wordpress/. Ingat tulisan wordpress harus diganti dengan nama database sesuai yang anda buat pada database tadi.
  10. Klik tulisan create a configuration setelah itu akan muncul halaman baru dan klik lets go.
  11. Isikanlah kotak isian dengan tulisan sebagai berikut:
  • Database Name:  wordpress (nama database yang sudah kita buat tadi)
  • Username: root
  • Password: kosongkan saja
  • Database Host: Localhost
  • Table Prefix : WP_ (tidak perlu diubah)

11. Klik tombol submit kemudian akan muncul halaman lagi dan klik tombol Run the Install.

Kemudian akan muncul lagi halaman. Isi form tersebut dengan:

  • Blog title : isi dengan judul blog  Anda. Misalnya, “bloganda”
  • Your email : isi dengan alamat email Anda

12. Klik Install WordPress

Setelah itu akan muncul halaman success. Di halaman itu ada username dan password sementara anda. Copy atau catat baik-baik password sementara tersebut  karena kalau hilang maka anda harus menginstal lagi dari awal. Saya sarankan copy saja password tersebut terus klik tombol login. Setelah itu muncul halaman login. Isi username anda ( admin ) dan paste password sementara tadi di form password. Klik login.

Hal pertama yang harus anda lakukan setelah masuk dashboard wordpress adalah ganti password sementara anda dengan password yang baru dengan cara klik user kemudian pilih your profile. Di halaman paling bawah ada menu new password. Masukkan password baru anda disana. Selamat, wordpress telah terinstal secara lokal pada komputer anda. Sekarang anda bisa langsung memulai posting atau modifikasi tampilan blog anda.

Untuk melihat blog Anda, masukkan alamat ini di browser Anda: http:// localhost/bloganda/
Untuk masuk ke dashboard panel ada di: http:// localhost/bloganda/wp-admin

Anda bisa memodifikasi tampilan dengan lebih cepat dan hemat sebelum mengupload wordpress ke web hosting yang anda sewa. Satu catatan yang penting, setiap kali komputer dihidupkan, Anda harus mengaktifkan apache dan mysql dengan klik tombol start di samping kanan apache dan mysql yang di kontrol panel xampp.

Itu tadi artikel yang sempat saya kopi dari berbagai sumber untuk saya masukkan di blog ini yang semoga bisa bermanfaat untuk para pecinta blog khususnya pemula.

Sumber:

1. http://ahrusdi.blogspot.com/2009/07/cara-membuat-blog-secara-offline.html

2. http://www.pusatgratis.com/tutorial/blogging/tips-install-blog-wordpress-secara-offline.html