Dead pixel???  Waduh, awalnya memang kaget banget ketika tahu ada titik merah di layar monitor laptop Compac Presario CQ40 539 TX padahal barus saja aku bawa ke toko tempat aku membeli laptop buat klaim garansi akibat layar LCD yang bermasalah. Awalnya, layar LCD cuma berkedip dan ada garis hijau di bagian taskbar tetapi lama kelamaan tambah parah semakin melebar garis hijaunya. Setelah aku browsing-browsing ternyata memang benar LCD-ku “kena”. Mumpung masih ada garansi (maklum laptop baru) segera aku larikan saja ke toko tempat aku membeli laptop tersebut. Setelah menunggu lama kurang lebih satu bulan (saran kalau ingin cepat selesai, klaim garansi langsung ke servics center-nya saja) akhirnya, kata pemilik tokonya, LCD-nya sudah diganti. Aku percaya-percaya saja karena pada saat itu aku memang gaptek banget masalah laptop.

Setelah kurang lebih satu bulan aku pakai buat mengerjakan tugas kuliah ternyata kambuh lagi penyakitnya. LCD kembali bermasalah kemudian aku bawa lagi ke toko buat klaim garansi. Kali ini tambah parah lebih dari satu bulan lamanya sebelum akhirnya laptopku bisa diambil. Ternyata aku baru sadar kalau kemarin LCD-nya tidak diganti karena aku tahu setelah peristiwa ini LCD-ku beda banget dari yang dulu kali ini tampak baru, bersih dan masih bagus. Alhamdulillah aku sedikit lega saat itu.

Setelah aku bawa ke rumah sambil mengecek ini-itu timbul masalah baru ada satu titik merah yang kelihatan jelas pada background hitam. Aku kurang yakin kalau itu dead pixel. Kemudian aku tanyain ke service center HP dan memang benar itu dead pixel tapi malangnya mereka tidak melayani klaim garansi untuk dead pixel dibawah lima buah. Tidak berhenti sampai di situ lalu aku coba cari di internet cara memperbaikinya dan akhirnya aku dapat artikel di bawah ini:

Pada intinya untuk mengecek keberadaan Dead pixel cukup mudah, terkadang kita bisa langsung melihat di layar monitor, karena warna titik pixel yang selalu sama dengan tampilan layar/gambar monitor apaun. Atau dengan membuat gambar penuh satu layar dengan satu warna saja, misalnya hitam atau putih. Dengan begini jika ada dead pixel akan jelas terlihat.

Jika ingin menggunakan software (plus fitur tambahan), salah satunya bisa menggunakan program gratis PixelRepairer. Software ini mempunyai beberapa fitur, antara lain:

  • Membantu menemukan dead pixel
  • Mempu membantu memperbaiki dead pixel
  • Perbaikan dead pixel bisa dijalankan tanpa harus berhenti bekerja dengan komputer
  • Tidak memerlukan installasi (portable)
  • Dapat menangani berbagai monitor yang terpasang di komputer

Mencari Dead Pixel

Untuk menemukan adanya dead pixel dengan software ini, ikuti beberapa langkah berikut :

  1. Bersihkan monitor
  2. Jalankan PixelRepairer
  3. Jika tombol search tidak aktif, aktifkan dengan klik tombol Search, yang ada gambar loop, kiri paling atas
  4. Jika lebih dari satu monitor yang terkoneksi, pilih salah satu
  5. Pilih salah satu warna di daftar warna (Pattern)
  6. Klik tombol Enable, sehingga tampilan monitor berubah satu warna atau satu pola.
  7. Periksa layar monitor, jika ada titik/pixel yang mempunyai warna selain warna yang dipilih, berarti terdapat dead pixel di monitor
  8. Untuk keluar, klik kanan layar atau tekan tombol keynoard ESC

Jika dead pixel ditemukan di layar monitor, ingat posisinya sehingga bisa di lakukan langkah perbaikan berikut.

Perbaikan Dead Pixel

Ketika di monitor ditemukan dead pixel atau pixel rusak, bisa dicoba untuk melakukan perbaikan dengan software diatas. Langkahnya sebagai berikut ( langkah berikut dijalankan jika langkah Mencari Dead Pixel sebelumnya sudah dijalankan dan dead pixel sudah di ketahui lokasinya):

  1. Jalankan PixelRepairer
  2. Klik tombol Repair (tombol/gambar kedua dari atas)
  3. Tambahkan area perbaikan, dengan klik tombol Add, sehingga akan muncul kotak kecil yang disebut “Repairer”. Ukurannya bisa kita sesuaikan dengan menggeser opsi size di bagian bawahnya.
  4. Drag atau geser kotak kecil “Repairer” ke posisi dimana terdapat dead pixel
  5. Pilih mode operasi: noise atau solid. Jika noise tidak berhasil, coba lagi dengan memilih opsi solid.
  6. Pilih ukuran perbaikan, harus mencakup area yang terdapat dead pixel
  7. Set Frequency sama dengan frekuensi monitor. Jika tidak diubah, biasanya frekuensinya 60Hz
  8. Jika Dead pixel terdapat di beberapa tempat, tambahkan Area “Repairer” lainnya
  9. Minimize window program ini
  10. Tunggu sekitar satu jam. Bisa sambil menggunakan komputer seperti biasa.

Terkadang kerusakan pixel bersifat permanen, karena sudah cukup parah sehingga tidak bisa di perbaiki lagi. Sehingga software ini tidak menjamin selalu 100% berhasil. Selain bisa digunakan untuk monitor LCD, bisa juga digunakan untuk Plasma TV Pixel. Software ini berjalan di sistem operasi Windows dan lisensinya Freeware (gratis). Download PixelRepairer_2.0.0.zip (754 KB) atau versi 7zip PixelRepairer_2.0.0.7z (560 KB)

Sumber:

http://ebsoft.web.id/2010/04/28/mengecek-dan-memperbaiki-dead-pixel-monitor-lcd/