Berikut ini adalah tugas untuk mata kuliah Sistem Kendali/Kontrol dengan dosen pembimbing Ir. Tjuk Oerbandono, M.Sc. tentang sistem kendali/kontrol otomatis sederhana:

Prinsip Kerja

Magnetic switch multifuntion ini merupakan alat sederhana yang memanfaatkan saklar magnet sebagai pemutus dan penghubung secara otomatis sebagai pengganti saklar manual  arus. Saklar ini dipasang pada pengunci pintu kamar mandi atau toilet. Ketika pintu dibuka dan dikunci dari dalam, saklar ini nantinya akan menyalurkan tegangan dari baterai diteruskan fan, alarm, lampu LED, dan lampu bohlam sehingga semua komponen akan menyala secara bersamaan. Semua komponen ini dihubungkan secara paralel, jadi apabila ada salah satu komponen yang mati maka tidak akan berpengaruh pada komponen lainnya.

Pada saat kunci ditarik dan pintu dibuka dari dalam, secara otomatis saklar akan memutus arus rangkaian sehingga semua komponen mati. Kelebihan dari alat ini meskipun pintu kamar mandi atau toilet dibuka atau ditutup dari luar, maka sistem ini tidak bekerja karena sistem hanya akan bekerja ketika pintu dikunci dari dalam.

Gambar benda kerja:

Gambar komponen sistem dan fungsinya:

1. Baterai AA berfungsi sebagai penyuplai tenaga pada rangkaian sistem.

2. Saklar Magnet berfungsi sebagai pemutus dan penghubung arus pada rangkaian sistem .

3. Fan berfungsi sebagai indikator pengatur udara (ventilator).

4. Alarm berfungsi sebagai indikator peringatan atau bisa juga diaplikasikan menjadi music player.

5. Lampu LED berfunsi sebagai indicator bahwa ruangan sedang digunakan.

6. Lampu Bohlam berfungsi sebagai indicator penerangan ruangan.

Tabel Spesifikasi Masing-Masing Komponen.

No Nama Tegangan (volt) Arus (ampere) Jumlah Keterangan
1 Baterai AA 1,5 4 6 volt
2 Saklar Magnet 1
3 Fan 12 0,25 1 0,12 A
4 Alarm 6 0,1 1 0,017 A
5 LED + Hambatan 1k 1 5 0,0006 A
6 Lampu Bohlam 2,5 0,5 1 1.2 A

 

 

 

 

 

 

 

Aplikasi

  • Rangkaian sistem ini merupakan model yang dapat digunakan sebagai fasilitas untuk kamar mandi/toilet.
  • Dapat dipasang pada pintu sehingga tidak perlu menyalakan saklar secara manual karena secara otomatis saklar berada pada kondisi  ON ketika pintu dikunci dan OFF saat pintu tidak dikunci meskipun pintunya tertutup.
  • Lampu LED yang dipasang di depan pintu bagian atas sebagai indikator kamar mandi/toilet sedang dipakai atau tidak.

 

Blok Diagram

 

Flowchart

Aplikasi dari sistem:

Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan:

  • Rangkaian sistem ini tergolong sistem control ON/OFF (ON/OFF Gontrol System) dan tergolong sistem terbuka (Open-Loop Control System) karena tidak menggunakan umpan balik (feedback)
  • Rangkaian sistem ini dapat diaplikasikan sebagai saklar otomatis yang dipasang pada pengunci pintu kamar mandi/toilet sehingga tidak perlu lagi menggunakan saklar manual.

Saran:

  • Sebagai penelitian lebih lanjut, diharapkan alat ini dapat dikembangkan menjadi alat yang lebih canggih dan lebih kompleks kegunaannya untuk membantu aktivitas manusia.
  • Rangkaian model sistem ini hendaknya dapat diaplikasikan dan diwujudkan kedalam produk nyata agar bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mendownload artikel ini dan artikel-artikel yang lain silakan kunjungi halaman My Archives.