Setting Wireless Via Mandriva Control Center

Banyak distro yang menyediakan software tersendiri untuk meng-konfigurasi jaringan wireless ketika tidak terinstal secara otomatis pada saat instalasi. Software tersebut bekerja dengan variasi kesuksesan yang berbeda-beda. Software yang disediakan oleh Mandriva Linux 2007.1 Spring sama dengan versi yang sebelumnya tetapi dengan penambahan aplikasi untuk mendukung softwarenya. Software drakconnect bekerja sangat baik dan mendukung konfigurasi pada sebagian besar wireless network card.

Jika Anda telah menginstal Mandriva Linux 2007.1 dan wireless-nya tidak terdeteksi secara otomatis pada saat instalasi maka Anda bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Mandriva yaitu Mandriva Control Center (MCC)

Untuk menyetingnya silakan ke Application Menu (atau Start Menu) dan arahkan ke System | Configuration | Cofigure Your Computer. Isikan root user’s password. Setelah masuk di MCC, pilih tab Network and Internet dan klik pilihan Set Up A New Network Interface Option. Pilih Wireless Connection Option kemudian MCC akan memandu Anda untuk meng-konfigurasi settingan.

Jika driver Linux untuk wireless interface komputer Anda ada maka akan tercantum pada list driver dan Anda dapat menkonfigurasi seperti biasa. Beberapa network interface, misalnya Broadcom chipsets, Anda akan memerlukan firmware-nya atau menggunakan driver native bcm43xx

Menggunakan ndiswrapper di Mandriva

Mungkin bagi sebagian user menganggap penggunaan native driver sangat ribet oleh karena itu solusi yang lain adalah menggunakan ndiswrapper yang lebih simpel.

Pada tahap ini MCC akan memberikan beberapa pilihan dalam penggunaan ndiswrapper. Untuk memprosesnya, MCC akan menanyakan Windows driver (.INF file). Jika Anda menggunakan sistem dual boot maka arahkan ke partisi Windows dimana Anda menyimpannya. Contohnya, untuk driver wireless:

/mnt/windows/WINDOWS/system32/

tentunya tergantung dengan versi Windows yang terinstall.

Cara terbaik untuk menemukan driver tersebut adalah dengan boot kedalam Windows dan cari driver-nya dengan Device Manager dari System Option pada Windows Control Panel. Dari sana, buka properties dari wireless network device, klik Driver tab dan lihat Driver Detail. Anda akan melihat nama Windows driver-nya, meskipun ini bukan file yang akan Anda cari (Anda akan melihat tulisan seperti BCMWL6.SYS dan file ini sangat penting, file ini tidak seperti yang diperlukan oleh ndiswrapper  tetapi file tersebut akan dirubah menjadi BCMWL6.INF).

Setelah itu reboot kembali ke Linux dan jalankan perintah ini di command line:

 $ find /mnt/windows -name 'bcm*.inf'

Tips Driver dan Konfigurasi

Jika Anda tidak menginstall Windows secara dual boot dengan Linux, carilah driver windows secara online via wireless network card manufacturer’s Web site atau manufacturer of the computer.

Sekali lagi Anda harus membuka  MCC dengan network card driver, ini diperlukan untuk menginstall software-software yang diperlukan (seperti ndiswrapper package itu sendiri), pada interface-nya lakukan start scanning untuk wireless network yang ada. Pilih salah satu wireless network dan isikan authentication yang dibutuhkan untuk connect.

Jika Anda menggunakan 64-bit Linux distribution Anda harus memiliki driver 64-bit driver Windows begitu juga sebaliknya untuk 32-bit Linux distribution diperlukan 32-bit Windows driver. Namun jika Anda tidak menemukan 64-bit driver, Anda bisa menginstall versi 32-bit dari Linux distribution Anda jika anda ingin menggunakan wireless network card.

Anda dapat verify instalasi via ndiswrapper dengan command line:

# ndiswrapper -l
Installed drivers:
bcmwl6          driver installed, hardware present

Anda juga dapat meng-custom instalasinya yang mana akan bermanfaat untuk Linux Anda yang tidak memiliki management interface yang kurang bagus seperti Mandriva. Misalnya, menginstall driver dan kemudian menulis appropriate module information untuk modprobe:

# ndiswrapper -i /mnt/windows/Program Files/Broadcom/Broadcom 802.11/Driver/bcmwl6.inf
# ndiswrapper -m

Penggunaan fasilitas GUI untuk konfigurasi ini seperti: MCC, YaST di SUSE, atau tool yang sama pada distro yang lain, akan memberikan hasil yang sama meski dengan sedikit perbedaan pada langkah-langkah dan program wireless tool-nya.

Jika Anda akan me-remove Windows driver dari sistem, gunakan ndiswrapper:

# ndiswrapper -e bcmwl6

Beberapa command line dipakai untuk meng-konfigurasi wireless interface ketika wireless-nya bermasalah. Contohnya, program iwconfig akan meminta informasi pada wireless network card dan konfigurasinya yang terbaru. Jika Anda mempunyai network interface sperti wlan0 informasi yang harus Anda siapkan pada device ini adalah:

# iwconfig wlan0
wlan0     IEEE 802.11g  ESSID:"WIRELESS"  Nickname:"tablet.host.com"
          Mode:Managed  Frequency:2.442 GHz  Access Point: 00:1B:62:2A:65:4D  
          Bit Rate=54 Mb/s   Tx-Power:32 dBm  
          RTS thr=2347 B   Fragment thr=2346 B  
          Encryption key:C95F-7C26-5EA7-D34C-BF7E-D623-4BAF-640C   Security mode:open
          Power Management:off
          Link Quality:100/100  Signal level:-29 dBm  Noise level:-256 dBm
          Rx invalid nwid:0  Rx invalid crypt:0  Rx invalid frag:0
          Tx excessive retries:0  Invalid misc:0   Missed beacon:0

Dari sini anda bisa menambahkan dan mengatur beberapa settingan untuk kebutuhan jenis enkripsi, kecepatan, kualitas link, dan yang lainnya.

Jika Anda menemui permasalahan driver untuk wireless network card pada komputer Anda, lihat pada ndiswrapper home page (klik pada Documents/Wiki dan lihat List Of Cards Known To Work). Di halaman ini Anda juga akan menemukan dokumentasi dan informasi penggunaan dan konfigurasi ndiswrapper

Ketika wireless network device tidak disertakan pada linux driver maka ndiswrapper adalah jalan terbaik untuk mengkonfigurasinya pada komputer atau laptop yang mendukung wireless.

Translated from: http://blogs.techrepublic.com.com/opensource/?p=91