Live USB Creator merupakan salah satu software yang dikhususkan untuk menyimpan system operasi (khususnya linux) ke dalam flash memory atau flashdisk. Flashdisk yang telah diisi oleh bootloader dari Live USB Creator ini bisa langsung dipakai untuk booting linux via USB sehingga tidak perlu lagi CD. Pada penggunaannya sama jika kita menggunakan media CD sebagai media mencoba atau menginstall linux hanya perbedaannya disini menggunakan flash memory atau flashdisk mengingat kapasitasnya yang mencukupi untuk menyimpan dalam hitungan gigabyte.

File yang bisa “ditancapkan” pada flashdisk ini berupa file dengan extensi iso maupun img sehingga bisa dikatakan software Live USB Creator ini semacam software pengekstrak ke dalam media flashdisk hanya saja perbedaannya hasil ekstrakannya ditaruh pada flasdisk dengan menambahkan bootloader di dalamnya sehingga hasilnya langsung bisa digunakan untuk booting via USB. Langkah-langkah dari penggunaan software ini tidaklah rumit, sangat simpel dan mudah.

Secara singkat, Anda dapat membawa sistem operasi Anda secara portabel dengan ukuran saku dan ketika anda menginginkannya Anda tinggal menancapkan USB pada komputer dan otomatis akan booting secara live tentunya setelah Anda menyeting pada bios untuk booting pertama adalah pada USB Flash. Setelah masuk pada sistem operasi secara live. Anda juga bisa menginstallnya langsung pada komputer.

Software ini bisa jalan di sistem operasi windows maupun linux. Software Live USB Creator bisa Anda download disini :

Fedora Live USb Creator

Open Solaris Live USB Creator

Linux Live USB Creator